Selasa, 21 Juni 2011

Pasang Laher Di Komstir Tiger

 Keluhan penunggang Honda Tiger soal rumah komstir yang gampang oblak. Bikin setir serasa goyang dombret. Diganti pelor baru, eh tetap nggak awet juga. Sabar dulu karena Johny Holle, mekanik spesialis Honda Tiger, punya resep ampuh mengatasi masalah itu.

"Pasang saja laher di komstir, pasti awet dan kuat. Sekarang nggak perlu bikin karena sudah ada yang jual," ujar Johny yang mangkal di Jl. Karya Barat III, Daan Mogot, Jakbar.

 Silakan lacak di Tri Comindo Bintang di Kebon Jeruk III No. 11A, Jakarcha. Atau Yonk Jaya Motor di Jl. Achmad Yani, No. 258, Bandung. Tapi jangan minta laher komstir Tiger, karena pasti nggak ada! Jadi minta laher komstir variasi punya Honda NSR150R dengan banderol sekitar Rp 150.

Ukuran as segitiga dan rumah komstir NSR150R sama persis dengan Tiger Noceng. Jadi bisa saling tukar pakai laher komstir. Langsung ikuti instruksi Johny soal pemasangannya.

 "Copoti dulu setang Tiger dengan kunci T 10 dan lepas roda depan dengan kunci ring 17 mm. Terus buka mur pengikat segitiga atas dengan kunci Inggris," ujar pria bertubuh tinggi kurus ini.

Cabut segitiga atas Si Macan setelah buka mur pengikatnya dengan kunci ring 12 mm. Ambil obeng min dan palu untuk membuka mur pengikat as segitiga, ketok perlahan sampai terlepas.

Tarik batang sok depan berikut segitiga bawah, lanjut bongkar komstir lama. "Pasang bearing komstir NSR150R ke rumah komstir Tiger 2000. Ketok dengan palu perlahan sampai masuk," kata Johny. 

Tinggal rakit ulang sok depan plus segitiga si Tiger. Caranya kebalikan saat bongkar. Gampang kok!

Behel Bolong, Bikin Manis Tampilan



Dulu pernah dibahas trik murah bikin kesan sporty dengan memotong behel. Sekarang ada lagi perkembangan terkininya.

Cara terbaru itu adalah dengan melubanginya. Bisa sebagian tapi bisa juga seluruh behel. Lihat saja modelnya pada Yamaha Nouvo dari Artisis Custom ini.

Mungkin bagi sebagian orang dianggap kecil. Paling pas diterapkan jika ikut kelas fashion. Sebab dengan hanya fokus menggarap pemasangan variasi saja maka dengan bentuk seperti ini bisa memberikan nilai lebih.

Tentunya karena proses pembuatannya cukup ribet. Sang modifikator harus memperhitungkan keseragaman ukuran tiap lubang agar terlihat lebih rapi.   (motorplus-online.com)

Setang Oblak? Saatnya Ganti Laher Komstir


OTOMOTIFNET - Kunci nyaman tidaknya pengoperasian kemudi pada semua sepeda motor umumnya terletak pada bagian komstir. Bila komponen tersebut bermasalah, handling motor biasanya bakal berkurang drastis dan bikin laju motor jadi liar saat dipakai.


Menurut Oscar Padang dari bengkel DMS Motowork, komstir yang bermasalah memang enggak bisa dilihat lantaran posisi pelor yang bersembunyi di balik selongsong as komstir. "Tapi walau tidak kelihatan, masih bisa dirasakan kok!" bilangnya.

Gejala yang dimaksud Oscar yakni, setang jadi berat saat motor diajak berbelok. Dan tetap berat walau mur komstir sudah dikendurkan. Selain itu, timbul bunyi gledek-gledekn kayak setang oblak. Terutama saat motor dalam posisi ngerem depan.

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Penyebabnya, bisa karena cara penggunaan motor yang kelewat kasar dan sering lewat jalan rusak atau minimnya perawatan pada bagian tersebut sehingga dudukan bola-bola atau pelor jadi aus.

"Pada saat bola-bola dan mangkuk komstir kering, setang jadi berat karena pelornya aus. Efek dominonya, putaran mur pengikat komstir makin kencang sendiri seiring gerak setang," jelas mekanik berbadan kurus ini.

Nah untuk mengatasi hal itu, langsung ganti satu set laher komstir baru. Terkecuali kalau mangkuk laher masih bagus, yang diganti cukup bola-bolanya aja. Di pasaran harga komstir (atas-bawah) itu berbanderol  Rp 80-100 ribuan/set. Harga segitu sudah termasuk bola-bola besi/pelor serta dudukannya lengkap.

Mau ikutan ganti? Simak penjelasan Oscar untuk komstir motor jenis skutik dan bebek. Langsung ya! Pertama buka dulu baut penusuk setang yang diikat mur-baut 14 mm (gbr.1). Dari sini, lanjut membuka mur kontra sebagai pengikat mur penyetel kekerasan setang (gbr.2).

Sampai sini, maka bola-bola besi bagian atas akan kelihatan. Langsung saja biji-biji laher tersebut ganti baru. Tapi kalau pengin lebih aman dan durabilitasnhya lebih lama, sebaiknya mangkuk dudukan laher harus ikut diganti. Yakni cukup dicopot dari rumah komstir bagian atas (gbr.3).

Setelah mangkuk dudukan laher lepas, turunkan segitiga bawah/komstir sampai bola-bola besi yang ada di bagian bawah komstir terlihat. Ganti juga bola-bola besi tersebut dengan yang baru berikut rumahnya

Terakhir, sebelum semua peranti dirakit seperti semula pastikan gemuk pada bagian bagian bola-bola (gbr.4) tadi cukup. "Kalau kurang gemuk bakal percuma saja, karena dalam jangka waktu gak sampai setahun bagian yang diganti tadi bakal bermasalah lagi," tutup Oscar.